Dampak positif dan negatif dari game

Dampak positif dan negatif dari game

sekarang banyak beredar game,dari game offline hingga game online,hingga saat ini game tidak hanya meliputi anak kecil/remaja saja,namun hingga orang dewasa,dari yang hidupnya kacau hingga pelajar/mahasisiwa yang tidak lulus,game memiliki efek positif dan negatif.dari efek positifnya game mampu membuat pola berfikir,reflek,dan mungkin sebagai ajang mendapatkan uang dengan menjual karakter seseorang.sedangkan efek negatifnya juga sangat fatal di dalam kehidupan nyata yaitu dapat membuat kebodohan,ketidak harmonisan,dan bagi pelajar tidak lulus.

Dampak Positif Game Online. Dampak positif dalam bermain game online ini yaitu dampak yang bisa dibilang memberi manfaat / pengaruh baik bagi penggunanya. Dampak positif Game Online bisa seperti berikut:

  1. Hiburan. Dengan memanfaatkan sebuah permainan bisa untuk mencoba mengurangi stress akibat aktivitas yang telah kita lalui / untuk menghilangkan kebosanan mengenai kegiatan yang ‘itu itu’ saja.
  2. Bisa untuk ajang melatih konsentrasi (misal dalam game game action, dibutuhkan konsentrasi saat menembak, sembunyi ataupun lari). Tentunya game yang baik.
  3. Ajang menambah kawan. Dengan bermain game online (game online yang berhubungan dengan user lainnya) bisa menambah teman di dunia maya. Saling tegur sapa dan bisa untuk menjalin tali silaturahmi

Selain dampak positif game ada juga dampak negatif dari game , yaitu dampak yang kurang baik bagi para pengguna game online tersebut. Seperti:

        1. Tidak Kenal Waktu / Lupa Waktu. Kebanyakan dari para gamer yang sudah hobi dalam memainkan game yang ada sering kelupaan waktu untuk rutinitas kegiatan lainnya. Misal, waktu makan lupa untuk ngegame ke warnet, akibatnya perut sakit dsb. . .
        2. Pemborosan. Mengapa bisa pemborosan? Ya, kalau untuk para gamer yang sudah bisa mencari penghasilan sendiri sih, ini belum terlalu masalah. Namun jika masih meminta kepada orangtua,  misal main game setiap hari selama sebulan sudah habis berapa coba uang yang di keluarkan untuk main game ?  . Apa tidak kasihan sama orang tua yang bekerja keras untuk mensekolahkan kita agar menjadi generasi penerus bangsa ?
        3. Lupa Kewajiban. . Sepertinya kebanyakan dari pemain game online ini masih kisaran anak – anak sampai remaja (pelajar), (walaupun ada juga sih orang dewasa – orang tua juga yg memainkan game online ini). Kewajiban para pelajar yaitu belajar. Dengan keseringan, dampak buruk nya yaitu waktu belajar semakin berkurang. Selain itu kita juga mempunyai kewajiban terhadap Agama. Dan kewajiban lainnya yang patutnya di laksanakan sebagaimana mestinya.
        4. dapat menyebabkan kematian,salah satu contoh di amerika,seorang pemuda membunuh sopir taksi karena mengiginkan uangnya,dia terinspirasi game GTA.
          kutipan dari:
          http://resariski.wordpress.com/2011/01/15/dampak-positif-dan-negatif-angry-birds/
                 http://syaifulaziz.blogdetik.com/2010/08/19/dampak-positif dan-negatif/
        http://www.lintasberita.com/Dunia/Berita-Dunia/bermain-game-online-ada-dampak-positif-dan-negatif-nya

     

    By ivanfadillahfernandez

    Tinggalkan komentar